Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik, Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia - Mungkin belum semua orang mengenal NISSAN secara pasti, padahal apabila dirunut, NISSAN adalah perusahaan otomotif pertama yang meramaikan pasar otomotif di indonesia yaitu dengan merek mobil DATSUN. Sudah dapat dipastikan apabila kita bertanya pada bapak/kakek/orang2 yang hidup pada era 70-an sudah dapat mengenal merek DATSUN secara pasti. Mungkin biar lebih jelasnya kita simak aja sejarahnya. 
Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia
Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
Era 60
Nissan pertama kali masuk secara resmi ke Indonesia pada tahun 1969 dengan nama Datsun melalui Agen Tunggal PT Indokaya yang didirikan oleh H. Abdul Wahab Affan bersama dengan saudara-saudaranya.

Jenis kendaraan yang diproduksi pada tahun itu adalah pick up, multi purpose (jip) dan sedan dengan produksi rata-rata 750 unit/bln yang dipasarkan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lampung, Bengkulu, Palembang, Padang, Balikpapan, Ujung Pandang, Medan dan Menado.

Era 70
Pada tahun 1974 PT Indokaya memproduksi Datsun Sena yang penggunaan kandungan lokalnya mencapai 75 % guna memenuhi anjuran pemerintah untuk menjalankan program lokalisasi bagi kendaraan roda empat. Produksi rata-rata 250 unit per bulan.

Era 80
Pada tanggal 14 April 1981, keagenan tunggal Datsun dipegang oleh PT Wahana Wirawan. Produksi awalnya adalah Multi Purpose Vehicle (Jeep Nissan Patrol 2800cc 4WD) dan sedan Nissan Laurel, Sunny dan Stanza (khusus untuk taksi). Disamping menjual kendaraan Nissan kepada umum, PT Wahana Wirawan juga memasarkan kendaraan taksi di seluruh Indonesia.

Pada tahun 1984 dibentuk perusahaan baru bernama PT Nayaka Wirawan yang berfungsi sebagai Sole Distributor sedangkan PT Wahana Wirawan sendiri tetap sebagai pemegang Agen Tunggal Nissan di Indonesia.

Akhir tahun 1986, PT Nayaka Wirawan dijual kepada Indomobil Group dan tahun 1989 PT Nayaka Wirawan dibubarkan dan selanjutnya didirikan PT Indocitra Buana pada 23 November 1989.

Era 90
Daerah pemasaran Nissan meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya untuk sedan dan jeep.
Pada tahun 1989 kendaraan yang dipasarkan adalah jenis sedan seperti Nissan Sentra dan Cefiro. Nissan Sunny dijual khusus untuk taksi menggantikan Nissan Stanza.

Era 2000
Saat ini PT Indomobil Trada Nasional mengkhususkan diri pada jenis usaha perdagangan kendaraan bermotor baik New Cars maupun Used Cars, Accessories Shop, maupun bengkel perwakilan Nissan.

Pada pertengahan tahun 2001 dengan telah bergabungnya Nissan dengan Renault secara Internasional, maka di Indonesia pun dijalinlah kerjasama antara Indomobil Group dalam hal ini diwakili oleh PT Auto Euro Indonesia dan Renault Perancis untuk memasarkan kendaraan Renault di Indonesia dengan dukungan awal manajemen, jaringan pemasaran dan layanan purna jual Nissan.

Jadi kesimpulannya, NISSAN itu sudah ada sejak jaman dulu, hanya saja sempat vacume di pasaran Indonesia, nah karena vacume itulah akhirnya pasar NISSAN di isi oleh kompetitor2 yang mungkin merek dagangnya dapat kita lihat di pasaran otomotif saat ini. Apabila kita tanya para pengguna DATSUN jaman dulu maka kita akan memperoleh komentar bahwa produk DATSUN terkenal memiliki mesin yang tidak terlalu ribet (dengan kata lain perawatan mudah) dan sangat bandel. Di era 90an salah satu produk NISSAN, yaitu TERRANO sudah dikenal sebagai mobilnya kalangan kelas atas.

Tag : Review
0 Komentar untuk "Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia"

Back To Top